Subscribe
Share
Search
top

Bandung Creative City Forum

KITA PROJEKT: Kreativitas untuk Semua

oleh: Tita Larasati

copyright photo: KITA Project ATC Widyatama

“Semua orang itu terlahir kreatif”, Mbak Anne mengutip ajaran alm. Prof. Primadi Tabrani saat memberikan sambutannya di Simpul, Sabtu 16 Maret lalu, “Yang beda hanya kadarnya.” Ungkapan ini bukan sekedar teori, karena telah terbukti bahwa seni dan kegiatan kreatif pada umumnya dapat menjadi media yang tepat bagi para penyandang difabilitas untuk berekspresi dan berkomunikasi. Mbak Anne Nurfarina adalah pendiri Art Therapy Centre (ATC) Widyatama, di mana anak-anak muda difabilitas dapat belajar desain grafis, ilustrasi, musik, seni pertunjukan, dll. Dari ATC Widyatama inilah muncul The Special ID yang menjadi platform sosialisasi dan pemasaran karya para siswa ATC Widyatama. Salah satunya adalah melalui KITA PROJEKT, atau Proyek Karya Internship dan Tugas Akhir, yang kali ini berkolaborasi dengan Bandung Creative City Forum (BCCF).

copyright photo: KITA Project ATC Widyatama

Di acara kick-off KITA PROJEKT di Simpul Sabtu lalu, para peserta KITA menggelar portfolio masing-masing dalam sebuah pameran kecil, sehingga yang hadir dapat menikmati rekam jejak karya mereka. Banyak yang telah menjadi produk jadi berupa kemasan, sampul kepingan CD, buklet, poster, dsb. Jelas terlihat, bahwa karya-karya para kreator difabel ini memiliki karakternya sendiri; sangat khas dan jujur, memberi peluang tak terhingga bagi penerapannya pada beragam produk. Acara kick-off ini juga mempertemukan para kreator difabel dengan calon klien potensialnya, yaitu para wirausahawan atau pemilik brand produk-produk kreatif di Bandung, yang diundang oleh jejaring BCCF sebagai kolaborator. Tahap selanjutnya adalah pemberian pesanan desain grafis dan ilustrasi untuk para kreator KITA, untuk dapat diterapkan pada produk-produk dari brand yang berpartisipasi. Para kreator KITA kemudian akan menggarap pekerjaan tersebut selama satu bulan penuh di Simpul, disertai arahan dari para instruktur dan pemilik brand. Hasil akhirnya? Akan siap untuk dipasarkan dalam kemasan yang kaya akan karakter dan storytelling!

copyright photo: KITA Project ATC Widyatama

Diharapkan, di kali pertama ini, kolaborasi antara BCCF dengan ATC Widyatama dan The Special ID dapat berlangsung dengan lancar dan menyenangkan, juga dengan hasil yang konkret, yang menunjukkan bahwa kondisi difabel tidak menjadi penghalang seseorang untuk berkarya dan berekspresi, untuk dapat diapresiasi sesuai kapasitas dan karya nyatanya, serta untuk meningkatkan rasa percaya dirinya sebagai bagian tak terpisahkan dari komunitas kreatif dan masyarakat pada umumnya. Karena, kreativitas itu untuk semua!

***Post Note: selain KITA PROJEKT, BCCF juga membuka diri bagi para musisi difabel dari ATC untuk tampil di Simpul Kitchen. Para musisi difabel ini, yang tadinya mengamen di persimpangan jalan Kota Bandung, mendapatkan pelatihan musik di ATC untuk dapat memberikan performance yang layak. Paling tidak, dengan panggung rutin di Simpul nanti, mereka akan punya pengalaman apresiasi yang baru dan makin membaik. Semoga suatu saat nanti kegiatan ini juga dapat menjadi suplemen bagi kemandirian mereka. Kapan dimulainya? Kita tunggu updateberikutnya dari BCCF dan ATC Widyatama!

artikel asli: https://o2indonesia.wordpress.com/2019/03/17/kita-projekt-kreativitas-untuk-semua/

1

Post a Comment